Tablet

Cara Mudah Membersihkan Laptop dan Netbook Yang Benar

Laptop dan notebook adalah barang elektronik yang perlu untuk kita rawat. Tentunya kita ingin agar barang kita tersebut tampak selalu bersih dan kinclong kan?

Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara membersihkan laptop ataupun notebook secara benar, aman dan praktis agar tidak menimbulkan bekas pada kedua barang tersebut.

Berikut adalah cara mudah dalam membersihkan laptop dan netbook:
  1. Anda dapat menggunakan kapas basah yang telah teredam dengan air (peras dulu sebelum dipakai) dalam membersihkan bagian luar atau bagian eksterior dari laptop Agan. Jangan menggunakan larutan pembersih rumah tangga dalam membersihkan bagian eksterior, gunakan alkohol untuk menghilangkan substansi yang tidak dapat dibersihkan dengan air pada laptop.
  2. Mencegah debu dari udara masuk dan keluar dari laptop. Ini tidak baik karena dapat menyebabkan overheating. Agan dapat menghilangkan debu, kotoran, rambut, atau zat lain yang menggunakan kompresi udara atau menggunakan kapas/cotton but. Jika Agan akan menggunakan udara bertekanan untuk membersihkan debu itu adalah ide yang baik, untuk tempat pertama yang harus dibersihkan sebuah benda kecil di antara bilah kipas untuk mencegah lebih dari berputar yang dapat merusak kipas pendingin laptop.
  3. Tidak seperti keyboard desktop, tombol keyboard laptop dan netbook menjadi satu komponen. Oleh karena itu saya menyarankan untuk membersihkan menggunakan kain lembab. Anda juga dapat gunakan udara bertekananan untuk menyemprot semua debu, kotoran, atau rambut dari di-antara tombol. Anda juga dapat menggunakan penyedot debu kecil untuk menghisap dan menghapus setiap kotoran dan debu.
  4. Membersihkan touchpad juga penting. Anda dapat menggunakan kain kain lembab untuk membersihkan permukaan touchpad. Membersihkan touchpad laptop anda, akan membantu meningkatkan sensitivitas touchpad laptop.
  5. Kotoran, debu, dan sidik jari dapat menyebabkan layar komputer laptop anda akan sulit untuk dibaca dan tentu saja tidak bagus. Membersihkan layar atau LCD Laptop memerlukan prosedur pembersih khusus karena tidak seperti monitor CRT atau dekstop, layar laptop tidak terbuat dari kaca padat. Dalam membersihkan dengan LCD Spray, setiap cairan pembersih tidak langsung pada layar. Jangan juga menggunakan handuk kertas pada layar LCD. Gunakan kapas lembut dalam membersihkan LCD. Anda dapat menggunakan alkohol untuk kain dan usap layar dengan kain lembab jika ada zat yang tidak bisa dihilangkan dengan kapas.
Membersihkan Laptop Dengan Cara Singkat
Sebelum membersihkan laptop, baca dulu petunjuk pemakaian laptop anda. Biasanya disitu ada cara-cara yang dianjurkan untuk membersihkan. Pembersihan umumnya dilakukan setahun sekali. Tapi jika anda sering membawa laptop bepergian, bersihkan lebih sering.
  • Gunakan kain katun yang lembut untuk membersihkan bagian luar laptop.
  • Gunakan cairan pembersih computer yang dianjurkan.
  • Campur satu bagian alcohol dengan satu bagian air, aduk rata.
  • Semprotkan cairan pembersih pada lap, jangan langsung ke laptop. Usapkan lap perlahan sehingga debu dan kotoran yang melekat hilang.
  • Bersihkan hingga kebagian yang tersembunyi, seperti lubang skrup.
Membersihkan Layar atau LCD
  • Bersihkan layar hanya ketika laptop mati. Sebab, dalam keadaan layar gelap itulah kotoran terlihat jelas. Disamping itu untuk menghindari kerusakan.
  • Gunakan kain lembut seperti katun untuk membersihkannya. Jangan handuk, serbet atau kain lain yang dapat meninggalkan serabut dan goresan pada laptop anda.
  • Jangan menggunakan cairan ammonia untuk membersihkan layar, karena bisa memburamkan tampilan layar. Gunakan cairan khusus pembersih computer. semprotkan cairan itu pada lap, lantas usapkan kebagian yang hendak dibersihkan. Usap searah dari kiri kekanan atau dari atas ke bawah. Dan yg penting gunakan Screen Protector pada LCD-nya agar bisa tahan lama.
Membersihkan Keyboard
  • Agar keyboard tidak cepat kotor, usahakan untuk tidak makan atau minum saat mengetik.
  • Sebaiknya anda membersihkan keyboard saat laptop dalam keadaan mati. Jika tidak atur agar tombol-tombol tidak berfungasi.
  • Gunakan kain lembut yang sudah dibasahi cairan pembersih untuk mebersihkannya. Kemudian ulangi dengan mengusapkan kain kering, atau bisa gunakan bahan kaos halus.
  • Sesekali gunakan vacuum cleaner kecil untuk menyedot kotoran. Dan jangan lupa gunakan Silikon Protection Keyboard agar tidak kotor & terlindung dari air.
Laptop dan netbook yang berbeda juga memiliki cara yang berbeda untuk membongkarnya. Jika anda merasa ragu saya sarankan untuk membawa laptop anda ke pusat perbaikan yang berwenang untuk memeriksa dan memberikan solusi yang paling cocok.